Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Cara Penggunaan dan Mencuci Masker Kain yang Baik dan Benar


Untuk mencegah terjadinya penyebaran virus dan bakteri merugikan, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya ialah dengan menggunakan masker saat kita diluar rumah. Masker berguna untuk mencegah virus melalui percikan air yang tidak terlihat dan keluar saat ada orang batuk atau bersin. Saat menggunakan masker ada beberapa hal yang harus kita ketahui, agar fungsi masker bermanfaat dengan baik dan benar. Dibawah ini petunjuk penggunaan masker agar kita semua terhindar dari virus dan bakteri merugikan.



1. Bersihkan Tangan

Sebelum menggunakan masker, cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air yang mengalir, atau gunakan hand sanitizer berbasis alkohol.





2. Jangan Sentuh Masker

Usahakan untuk tidak menyentuh masker secara langsung saat digunakan, apabila tidak sengaja tersentuh, bersihkan kembali tangan dengan sabun atau hand sanitizer berbasis alkohol.





3. Pastikan Masker Menutupi Mulut dan Hidung

Untuk perlindungan secara optimal, pastikan bagian hidung dan mulut tertutup dengan baik saat masker digunakan, disarankan pemakaian masker maksimal selama 4 jam.




4. Buka dari Belakang

Sesaat setelah menggunakan masker, sebisa mungkin untuk menghindari menyentuh bagian depan masker, bukalah dari tali belakang. Setelah selesai, bersihkan kembali tangan menggunakan sabun dan air mengalir.




Untuk masker kain yang dapat dipakai kembali, disarankan setelah satu kali pemakaian langsung di cuci dengan cara:
l  Siapkan air, jika memungkinan menggunakan air panas dengan suhu 60-65C
l  Tambahkan deterjen dan rendam masker beberapa saat
l  Kucek masker hingga hilang kotoran-kotoran yang menempel
l  Bilas dengan air yang mengalir, hingga busa hilang
l  Jemur masker yang sudah bersih
l  Setrika dengan suhu yang panas agar bakter dan virus mati
l  Masker siap untuk digunakan


“Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?