Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

 

Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat.

Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat.

Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari.

Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com.

Banyak minum air putih

Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat.

Cobalah minum teh hangat

Minuman yang bersifat hangat – salah satunya teh – ternyata dapat membantu membuka saluran udara di hidung. Dengan demikian, masalah hidung tersumbat bisa teratasi.

Beberapa teh terutama yang bersifat herbal juga diketahui membantu meredakan sakit tenggorokan.

Mandi air hangat

Butuh solusi cepat? Menidng cobain mandi air hangat. Air hangat mampu meringankan hidung meler dan tersumbat sehingga pilek cepat teratasi.

Kompres dahi dengan handuk hangat

Sama seperti saat kecil dulu kita sakit, mengkompres dahi dengan handuk hangat juga dapat mempercepat durasi pilek. Kompres sendiri bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar area hidung dan wajah.

Caranya mudah kok, cukup dengan rendam kain bersih di dalam air hangat dan letakkan di dahi atau hidung selama 15-20 menit. Terapkan hal ini selama beberapa kali dalam sehari guna mendapatkan hasil yang optimal.

Konsumsi makana pedas

Makanan pedas terkenal akan sensasinya yang membuat tubuh panas dan berkeringat. Secara tidak langsung melumerkan pilek kental sehingga mudah keluar. Bumbu pedas seperti cabai atau jahe menimbulkan rasa panas ketika dimakan dan melebarkan saluran-saluran tubuh, termasuk pernapasan.

Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup minimal 7-9 jam sehari serta menghindari aktivitas berat disarankan untuk mempercepat penyembuhan pilek.

Bagaimana, sudah tidak khawatir lagi kan? Pillek, no worries!

 

Sumber:

Cleveland Clinic, “Rhinnorrhea (Runny Nose)”, (https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17660-runny-nose)

Healthline, “Home Remedies for a Runny Nose”, (https://www.healthline.com/health/how-to-stop-a-runny-nose)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?