Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

CARA MENGELOLA STRES UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Daya tahan tubuh manusia bisa naik berada dititik optimum, dan bisa juga turun ke titik terendah. Faktor-faktor yang dapat membuat perubahan tersebut adalah bagaimana cara kita menjalani hidup ini, apakah kita sudah melaksanakan gaya hidup sehat atau belum. Stres merupakan salah satu yang dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Stres yang berlebihan dan berlangsung lama akan berdampak pada kekebalan daya tahan tubuh. Stres bisa dipicu karena beban pekerjaan, tugas, masalah sehari-hari atau yang lainnya. Agar daya tahan kita tetap optimum, kita harus bisa mengelola stres agar tidak berlebihan dan berlangsung lama.
Beberapa langkah yang dapat anda lakukan agar memberikan rasa rileks untuk tubuh dan  pikiran anda, adalah sebagai berikut:

1.    Beristirahatlah sejenak
Ada kalanya rutinitas sehari-hari yang kita kerjakan lama-kelamaan membuat kita merasa jenuh. Hal itu sangatlah wajar, oleh sebab itu beristirahatlah sejenak dari rutinitas tersebut. Apabila Anda tetap melaksanakan pekerjaan Anda, disaat Anda sudah lelah dan jenuh, hal tersebut dapat memicu terjadiya stres. Luangkanlah waktu, kemudian beristirahatlah sejenak dari kegiatan-kegiatan yang Anda kerjakan. Setelah merasa rileks, Anda bisa melakukan pekerjaan Anda kembali.
2.    Lakukan hobi Anda
Lakukankah hobi apa yang Anda gemari. Hobi merupakan kegiatan yang secara umum, dimana kita melaksakannya dengan senang hati atas kesenangan diri. Satu pekan sibuk di tempat kerja atau sekolah suatu hal yang melelahkan. Anda dapat melakukan hobi Anda saat hari libur untuk merefresh pikiran Anda agar menjadi lebih rileks kembali.
3.    Olahraga
 
Selain membuat tubuh menjadi sehat, olahraga juga dapat membantu meredakan stres. Olahraga ringan kurang lebih 10 s.d. 30 menit dapat Anda lakukan di rumah. Salah satu olahraga yang ringan bisa bersepeda atau berlari santai mengelilingi jalan sekitar rumah Anda.


4.    Meditasi
 
Meditasi merupakan suatu kegiatan relaksasi yang berkonsentrasi untuk pelepasan pikiran dari semua masalah-masalah yang menarik, membebani atau membuat cemas dalam hidup sehari-hari. Meditasi dapat membantu untuk menenangkan pikiran anda. Anda bisa memilih olahraga seperti yoga untuk media bermeditasi.

 5.    Biarkanlah yang telah berlalu, jalani apa yang  sedang terjadi
Untuk semua hal yang telah terlewati, lupakanlah. Anda tidak perlu untuk memikirkan masa lalu, apa lagi itu yang membuat Anda sedih. Jalanilah apa yang menjadi kehidupan Anda sekarang, jadikanlah masa lalu sebagai pelajaran.
 Dari berbagai orang memiliki cara tersendiri untuk mengelola stres. Cara-cara di atas merupakan salah satu contoh yang dapat anda praktekan. Jagalah kesehatan anda, jangan sampai kesehatan Anda menurun hanya karena stres Anda yang berlebihan.

CINTAI USUSMU MINUM YAKULT TIAP HARI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?