Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Ayo Kenali Ciri-ciri Daya Tahan Tubuh Menurun


Memiliki daya tahan tubuh yang baik adalah harapan dari semua orang. Karenanya, daya tahan tubuh yang baik adalah kunci agar kita terhindar dari berbagai penyakit. Untuk menjaga supaya daya tahan tubuh tetap optimum, kita harus menerapkan pola gaya hidup sehat, seperti rajin olahraga, makan makanan bergizi, mengelola stress, tidur yang cukup, tidak merokok dan sebagainya. Namun ketika daya tahan tubuh kita menurun, tubuh kita rentan terkena serangan penyakit dari virus dan bakteri jahat. Daya tahan tubuh yang sedang menurun, memiliki ciri-cirinya. Di bawah ini beberapa tanda-tanda ketika sistem daya tahan tubuh kita sedang menurun.

1.   Merasa mudah lelah


Tanda yang pertama, saat kita melakukan sesuatu, jika respon dari tubuh kita adalah selalu merasa kelelahan. Padahal kegiatan tersebut sering kita lakukan sehari-hari. Tubuh yang merasa mudah lelah, merupakan salah satu ciri-ciri daya tahan tubuh kita menurun. Rasa tidak bersemangat, lesu, dan mudah lelah sebaiknya tidak dianggap sebagai hal yang wajar. Terutama jika kondisi tersebut tetap muncul meski sudah beristirahat cukup. Bisa jadi itu tanda daya tahan tubuh kita sedang turun.



2.   Sistem pencernaan bermasalah

 
Untuk menandakan daya tahan kita sedang baik atau tidak, bisa dilihat dari sistem pencernaan kita. Karena kurang lebih 70% sistem daya tahan tubuh kita terdapat di sistem pencernaan (usus). Kita bisa melihat dari bagaimana bentuk feses, biasanya feses yg normal adalah tidak terlalu encer atau keras dan berbentuk seperti pisang.


3.   Demam/ flu ringan
Demam atau flu ringan biasanya terjadi saat suhu tubuh kita sedang diatas dari biasanya. Demam atau flu bisa menandakan bahwa daya tahan tubuh kita sedang bekerja. Demam atau flu biasanya terjadi karena adanya infeksi dalam tubuh kita.

4.   Mudah terkena masuk angin
Yang terakhir, apabila badan agak terasa pegal-pegal serta perut yang terasa begah merupakan salah satu tanda bahwa daya tahan tubuh kita sedang turun. Oleh sebab itu apabila kita sedang tidak enak badan, alangkah baiknya kita langsung obati.

Dari kelima ciri-ciri di atas, apabila kamu merasakan salah satunya. Jangan diabaikan, ayo jaga daya tahan tubuh kita dengan melaksanakan pola gaya hidup yang sehat. Serta jangan lupa minum Yakult setiap hari karena dua per tiga sel imun tubuh berada di usus.

CINTAI USUSMU MINUM YAKULT TIAP HARI


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?