Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

OLAHRAGA RINGAN YANG BISA DILAKUKAN DI RUMAH

Untuk menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan fit dan segar kita disarankan berolahraga. Olahraga tidak hanya dilakukan di tempat gym, tapi juga bisa dilakukan dari rumah masing-masing.  Selain untuk membuat badan kita menjadi fit dan segar, olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh menjadi optimum. Di bawah ini beberapa kegiatan olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah, yaitu:


1.         Push Up
Push up ialah olahraga ringan yang paling umum dilakukan orang saat di rumah. Push up merupakan suatu jenis olahraga yang dapat membuat otot bisep dan trisep menjadi kuat. Cara melakukannya berbaringlah di lantai dengan telapak tangan berada di sisi Anda. Tekuk siku sedikit, kemudian doronglah tubuh hingga tangan menjadi lurus. Kemudian turunkan kembali, ulangi kegiatan tersebut sampai beberapa kali.

2.         Naik Turun Tangga
Jika rumah memiliki 2 lantai, sudah pasti kita memiliki tangga rumah. Cobalah melakukan kegiatan naik turun tangga sampai beberapa kali. Dengan naik turun tangga, cara ini lebih efektif untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh kita.




3.         Sit Up
Sit up dapat membuat perut lebih rata, dengan cara mengencangkan otot-otot perut. Sit up tidak hanya melatih otot perut, tapi juga pada otot dada, panggul, pinggang bagian bawah dan leher.




4.         Jogging
Lari-lari kecil atau biasa kita sebut jogging merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Jogging juga merupakan salah satu alternatif jika di rumah tidak memiliki treadmill. Melakukan jogging mengelilingi jalan di sekitar rumah, atau lainnya.



5.         Bersih-bersih  Rumah dan Kendaraan
Bersih-bersih rumah bisa dijadikan sebagai alternatif sarana olahrga ringan. Daripada  tidak melaksanakan sesuatu, kita dapat melaksanakan bersih-bersih rumah. Selain mendatangkan kesegaran dan fit bagi tubuh, bersih-bersih rumah dapat mendatangkan kesehatan dikarenakan membuat lingkungan menjadi bersih dan nyaman.


Namun selain beberapa olahraga di atas, kita dapat berolahraga menggunakan program olahraga yang ada di smartphone. Ada banyak aplikasi program olahraga yang dapat diunduh melalui layanan aplikasi smartphone. Anda dapat memilih olahraga yang menurut Anda bisa untuk dilakukan. Jangan memilih olahraga yang terlalu berat jika baru memulai olahraga. Biasakanlah lakukan pemanasan dan pendinginan pada saat sebelum dan sesudah olahrga. Olahraga cukup secara teratur 30 menit sehari selama 5-7 hari dalam seminggu. 

"Cintai Ususmu Minum Yakult Tiap Hari"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?