Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

CUKUP ISTIRAHAT DAPAT MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH SERTA MANFAAT LAINNYA


Istirahat dan tidur merupakan suatu hal yang penting bagi tubuh kita. Istirahat merupakan keadaan relaks, tenang, tanpa tekanan emosional dan bebas dari beban pemikiran. Sedangkan tidur, merupakan suatu perubahan kesadaran ketika persepsi dan reaksi individu terhadap lingkungan menurun. Sehingga, istirahat bisa dikatakan sebagai charger-nya untuk tubuh manusia. Banyak dari pendapat dan beberapa ahli mengatakan kebutuhan waktu tidur yang baik adalah 8-10 jam. Namun setiap usia memiliki kebutuhan waktu yang ideal untuk beristirahat dan tidur.


Istirahat yang cukup memberikan manfaat yang sangat besar terhadap kelancaran aktifitas sehari-hari, diantaranya yaitu:

1.       Meningkatkan daya tahan tubuh
Menurut penelitian, orang yang tidur selama kurang dari 7 jam lebih rentan untuk terkena gangguan kesehatan. Untuk itu, kita harus biasakan tidur dalam jangka waktu yang cukup untuk memenuhi kualitas istirahat organ tubuh kita. Tidur malam dan istirahat yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tetap optimum.

2.       Membuat tubuh menjadi lebih berenergi
Jika kita memiliki istirahat dan tidur yang cukup, bisa dipastikan tubuh kita memiliki energi yang cukup untuk melakukan kegiatan. Kekurangan tidur dan istirahat, membuat kita menjadi lemas, lesu, dan tidak bersemangat mengerjakan berbagai aktifitas.

3.       Menjaga berat badan
Orang yang begadang di malam hari, dipastikan membutuhkan tenaga yang besar. Oleh sebab itu, mereka harus memiliki asupan yang lebih di malam harinya, sehingga membuat porsi makan tidak teratur dan membuat berat badan jadi berlebihan atau bertambah.



4.       Tetap aktif disiang hari
Apabila kita memiliki tidur dan istirahat yang cukup, pada siang hari kita memiliki energi yang positif. Karena tidur dan istirahat dimalam hari, merupakan hal yang penting untuk beberapa bagian organ tubuh manusia untuk beristirahat.

5.       Mempertajam ingatan
Untuk teman-teman yang sulit dalam mengingat sesuatu, dan bingung cara mengatasinya. Cobalah cek sudah cukupkah waktu istirahat dan tidur kita? Menurut hasil penelitian dan pendapat para ahli, salah satu cara terbaik untuk memperbaiki kemampuan ingatan adalah dengan cukup tidur malam.

6.       Regenerasi Sel
Saat tidur metabolisme rileks sehingga regenerasi sel sel terjadi dan tekanan darah turun. Aturlah jam tidur yang baik yaitu dibawah jam 12 malam dan pastikan kita bangun pada jam yang tetap karena bila jam tidur tidak teratur menimbulkan banyak akibat buruk bagi kesehatan seperti memicu Diabetes dan Obesitas.           

Setelah mengetahui banyaknya manfaat beristirahat cukup, sebaiknya kita mulai memperhatikan kembali waktu istirahat saat ini. Jika dirasa masih kurang, jangan ragu untuk memperbaiki kualitas tidur kita, misalnya dengan mengatur jam tidur, relaksasi sebelum tidur, menyiapkan lingkungan istirahat yang nyaman, serta konsumsi Yakult secara rutin. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Takada M., 2017, konsumsi Yakult secara rutin dapat memperbaiki kualitas tidur sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

“Mari Cintai Ususmu, minum Yakult setiap hari”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?