Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Macam Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh saat Puasa Ramadhan


Halo Yakult Family, tak terasa ya kita sudah memasuki pertengahan bulan Ramadhan. Dimana mayoritas umat muslim melakukan ibadah puasa, yaitu kegiatan menahan diri untuk tidak makan dan minum selama dua belas jam di siang hari. Kita pun hanya bisa makan sebanyak dua kali dalam satu hari, yakni pada saat sahur pagi dan saat berbuka di sore harinya.
Tentu saja waktu dan pola makan yang berbeda dengan hari-hari biasanya itu akan membuat tubuh kita kurang mendapatkan asupan nutrisi secara optimal. Sehingga terkadang daya tahan tubuh justru menurun dan kita pun menjadi mudah terserang penyakit. Jika kondisi kesehatan tubuh terganggu, maka ibadah puasa yang dilakukan juga tidak akan berjalan dengan lancar.
Oleh sebab itu, sebaiknya Yakult Family mempersiapkan diri agar daya tahan tubuh tetap selalu terjaga ketika melaksanakan ibadah puasa. Salah satu cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan menyusun resep menu sahur dan berbuka yang bergizi seimbang. Hal ini sebagai upaya untuk memastikan bahwa asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh telah terpenuhi dengan baik.
Masih bingung ya resep menu seperti apa yang akan dibuat? Jangan khawatir Yakult Family, berikut ini beberapa bahan makanan mengandung nutrisi yang bisa menjadi referensi kita saat menyusun resep menu sahur dan berbuka. Pertimbangan yang harus diingat adalah keseimbangan nutrisi dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa #diRumahaja ya.

1.  Bayam, sayuran hijau ini terkenal akan kandungan tinggi antioksidan, vitamin B, dan serat yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Tak heran jika tokoh Popeye dalam serial kartun ‘Popeye the Sailorman’ akan menjadi kuat tubuhnya setelah memakan bayam. Selain itu, terdapat pula asam folat yang bermanfaat dalam pembentukan sel-sel baru di dalam tubuh manusia. Jadi, jika ingin tubuh kuat seperti Popeye, jangan lupa sertakan sayur bayam dalam menu sahur atau berbuka Yakult Family ya.


2.  Semangka, buah berdaging merah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu kita dalam penuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain terhindar dari dehidrasi, semangka juga bisa menurunkan tekanan darah kita. Buah ini cocok jika disajikan pada waktu berbuka setelah kita lelah beraktivitas seharian.


3.     Bawang putih, tak hanya bayam tapi bahan makanan ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, bakteri jahat di dalam usus akan berkurang jumlahnya. Akan tetapi rasa dan aromanya yang khas membuat bawang putih kurang digemari jika dikonsumsi secara langsung. Oleh karena itu, campurkan bawang putih ke dalam menu resep sahur dan berbuka sebagai bahan makanan pelengkap ya.

4.   Telur, bahan makanan ini mengandung protein tinggi yang bemanfaat dalam pembentukan sel tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B-kompleks dan vitamin D didalamnya bisa memperlancar aliran darah sekaligus membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Yakult Family bisa mengolah telur sebagai bahan campuran makanan lain atau dikonsumsi langsung dengan cara digoreng atau direbus hingga matang terlebih dahulu.


5.   Jahe, bahan makanan ini acap kali dijadikan minuman hangat disaat cuaca sedang hujan atau ketika kita terkena flu dan batuk. Selain mampu menghangatkan tubuh, jahe juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antimikroba di dalamnya.


6.  Jamur, ternyata bahan makanan ini bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah putih pada tubuh kita karena mengandung zinc dan beragam nutrisi lainnya. Sehingga jamur juga bisa membantu meningkatkan sel-sel kekebalan dan menjaga daya tahan tubuh. Yakult Family bisa menyajikan bahan makanan jamur ini dengan cara ditumis atau dijadikan sup.


Itulah bahan-bahan makanan yang bisa menjadi referensi bagi Yakult Family dalam menyusun resep menu sahur dan berbuka ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jangan lupa pula untuk mencukupi nutrisi vitamin C agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga dengan baik. Asupan tersebut bisa kita peroleh dari buah dan sayur, atau suplemen tambahan lainnya.
Salah satu asupan tambahan lainnya yang dapat membantu kita dalam menjaga daya tahan tubuh adalah minuman susu fermentasi Yakult. Karena dalam satu botol Yakult terdapat lebih dari 6,5 miliar bakteri L. casei Shirota strain yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan menekan bakteri merugikan dan meningkatkan pertumbuhan bakteri bermanfaat di dalam usus. Karena 70% sel-sel kekebalan tubuh diproduksi di usus, sehingga kinerja sel-sel kekebalan tubuh dapat berfungsi secara optimal dan daya tahan tubuh pun terjaga baik. Minuman Yakult dapat dikonsumsi setelah makan pada waktu sahur dan berbuka.

Mari Cintai Ususmu, minum Yakult setiap hari”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?