Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Macam Makanan Sehat Penguat Sistem Daya Tahan Tubuh


Halo Yakult Family, sudahkah kita menjaga daya tahan tubuh dengan baik? Mengatur  pola makan dan asupan makanan yang kita konsumsi merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima. Karena proses produksi sel-sel kekebalan di dalam tubuh dapat menjadi lebih optimal dengan pola makan teratur dan asupan yang bergizi. Sehingga bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh bisa ditangkal secara maksimal.
Tahukah Yakult Family? Bahan makanan yang akhir-akhir ini banyak digemari oleh masyarakat adalah jahe, karena memiliki kandungan vitamin C, zinc dan magnesium yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan gingerol pada jahe bisa menghambat infeksi bakteri dan bila dikonsumsi secara rutin dapat mengatasi batuk atau pilek. Tidak heran jika jahe menjadi primadona di tengah kondisi pandemi seperti ini.
Namun ternyata tidak hanya jahe yang bisa membantu kita dalam meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan bakteri atau virus. Berikut ini beberapa bahan makanan yang dapat diperoleh dengan mudah dan bisa menjadi referensi bagi Yakult Family dalam menjaga sistem kekebalan tubuh selama berada #diRumahaja.

  1. Jambu
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jambu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan kandungan serat tinggi pada buah ini membuat saluran pencernaan jadi lebih sehat. Selain itu, kandungan antimikroba di dalamnya mampu melindungi infeksi bakteri dan virus. Sehingga jambu bisa menjadi pilihan alternatif dalam menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Yakult Family dapat menyajikannya sebagai minuman teh yang berguna untuk menghambat pertumbuhan virus flu di dalam tubuh.


  1. Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang seperti kacang merah, kacang tanah, mete, dan almond memiliki kandungan mineral zinc yang tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan serat yang berguna bagi pencernaan dan membuat Yakult Family menjadi kenyang lebih lama. Namun ada baiknya kita tidak mengonsumsi kacang secara berlebihan, karena kacang mengandung kalori yang tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi dalam kacang-kacangan akan lebih optimal jika tidak digoreng dan tidak ditambahkan dengan garam, gula, atau cokelat.

  1. Daging
Daging merah atau daging sapi merupakan sumber protein yang baik karena memiliki asam amino esensial yang dapat menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. Sama seperti bahan makanan lainnya, daging juga mengandung mineral seperti zinc dan zat besi serta sumber antioksidan yang tinggi. Selain itu, terdapat vitamin B-12 dan vitamin B-6 untuk pembentukan darah dan membantu pengolahan energi di dalam tubuh. Yakult Family dapat mengonsumsi daging dengan cara dipanggang menggunakan oven atau direbus. Sebaiknya hindari mengonsumsi daging dengan cara dibakar menggunakan arang karena akan menimbulkan zat berbahaya pemicu sel kanker.

  1. Kaldu tulang
Tulang sapi memiliki kandungan gelatin yang bisa membantu melindungi kesehatan usus dengan memperbaiki lapisan usus dan mengurangi peradangan. Selain itu, kaldu tulang juga mengandung mineral tinggi guna memperkuat sistem kekebalan tubuh. Yakult Family dapat menyajikan kaldu tulang sebagai minuman yang dapat dikonsumsi satu gelas setiap hari secara rutin. Akan tetapi, jika tidak ingin diminum langsung, kaldu tulang dapat disajikan sebagai campuran dan penyedap rasa dalam sup.

  1. Jamur
Jamur yang dapat dijadikan bahan makanan seperti jamur kancing, enoki, tiram, dan shitake memiliki kandungan antioksidan dan protein yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jamur juga kaya akan vitamin B yang dapat memelihara kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, jamur mengandung vitamin D yang berguna dalam penyerapan mineral di dalam tubuh. Yakult Family dapat menjadikan jamur sebagai bahan campuran dalam sup, karena kandungan nutrisinya yang tidak terlalu tinggi sehingga baiknya ditambah dengan nutrisi dari bahan makanan lainnya.

  1. Ikan Laut
Konsumsi ikan laut secara rutin sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu dapat membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Selain mengandung protein tinggi, ikan laut juga mengandung yodium, vitamin D, dan omega 3. Macam jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti salmon, tuna, mackerel, dan sarden. Yakult Family bisa menyajikan ikan laut dengan cara digulai memakai bumbu rempah.


Itulah bahan-bahan makanan yang dapat menjadi referensi bagi Yakult Family untuk disertakan dalam menu makan sehari-hari. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi, diharapkan kondisi daya tahan tubuh kita dapat terjaga dengan baik.
            Selain dengan beberapa bahan makanan di atas, Yakult Family juga dapat menambah asupan lain guna meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi minuman susu fermentasi Yakult yang mengandung bakteri L. casei Shirota strain. Kandungan 6,5 miliar bakteri yang ada pada satu botol Yakult mampu membantu kita dalam menjaga kondisi keseimbangan bakteri di dalam usus dan membuat kesehatan usus terjaga. Sehingga sistem kekebalan tubuh kita dapat lebih optimal dalam membasmi bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

“Mari Cintai Ususmu, minum Yakult setiap hari”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?