Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Yakult dan Manfaat Yakult



Yakult adalah minuman susu fermentasi yang mengandung bakteri baik L. casei Shirota strain. Satu botol minuman Yakult mengandung bakteri baik L. casei Shirota strain yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menekan pertumbuhan bakteri merugikan di dalam pencernaan. Bakteri L. casei Shirota strain yang terdapat di dalam Yakult kuat dan tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu, sehingga bisa sampai ke dalam usus kita dalam keadaan hidup dan bermanfaat menjaga kesehatan usus kita. 

Bakteri L. casei Shirota strain yang terdapat di dalam Yakult adalah kunci penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Bakteri tersebut termasuk kedalam golongan bakteri yang terbukti aman bagi manusia dapat mencapai usus dalam keadaan hidup dan terbukti bermanfaat bagi kesehatan.


Yakult terbuat dari bahan- bahan alami berkualitas yang terdiri dari : bakteri L. casei Shirota strain, susu bubuk skim, sukrosa, dextrose, perisa Yakult dan air. Penggunaan bahan- bahan alami dalam proses pembuatan Yakult tanpa tambahan zat pengawet atau pewarna membuat masa kadaluarsa Yakult cukup singkat hanya 40 hari sejak diproses dari pabrik. Sehingga, Yakult aman diminum secara rutin setiap hari oleh semua kalangan, mulai dari bayi yang sudah mendapatkan makanan tambahan hingga orang dewasa. 

Yakult harus disimpan pada suhu 0 – 10 derajat celcius, karena pada suhu tersebut bakteri L. casei Shirota strain tidak aktif di dalam botol, sehingga rasanya tetap segar dan akan memberikan manfaat yang maksimal jika dikonsumsi. Apabila Yakult disimpan di atas suhu 10 derajat celcius, maka kualitas Yakult akan menurun karena bakteri L. casei Shirota strain akan menjadi aktif dan jumlahnya akan berkurang sehingga manfaatnya tidak maksimal dan rasanya akan menjadi lebih asam.

Rasa asam pada Yakult disebabkan karena Yakult adalah minuman susu fermentasi. Rasa asam tersebut dihasilkan oleh proses fermentasi bakteri L. casei Shirota strain yang bermanfaat untuk menekan jumlah bakteri jahat. 


Manfaat Yakult di dalam tubuh adalah untuk membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dan menekan jumlah bakteri jahat karena bakteri L. casei Shirota strain akan menghasilkan asam laktat. Bakteri baik menyukai lingkungan dengan kondisi asam, sementara bakteri jahat tidak menyukai kondisi asam tersebut. Dengan meningkatnya bakteri baik di dalam usus, maka asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri baik tersebut akan merangsang normalisasi kerja usus sehingga dapat mencegah gangguan pencernaan. Manfaat lain dari Yakult adalah dapat mengurangi racun di dalam usus. Hal ini disebabkan karena bakteri L. casei Shirota strain akan menyerap racun yang dihasilkan oleh bakteri jahat dan kemudian akan dibuang bersama BAB. Bakteri L. casei Shirota strain juga akan meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh di usus sehingga daya tahan tubuh menjadi meningkat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?