Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Probiotik Baik untuk Kepadatan Tulang, Benarkah?


 

Naik-turun tangga, menyapu seisi rumah, bermain bulutangkis, atau mengasuh anak merupakan aktivitas yang erat kaitannya dengan pergerakan fisik. Agar aktivitas-aktivitas ini berjalan lancar, kesehatan harus terjaga. Termasuk tulang.

Tulang berfungsi sebagai tempat melekatnya otot sehingga tubuh dapat bergerak normal. Kalsium merupakan mineral yang dikenal sangat baik untuk mempertahankan kepadatan tulang. Semakin banyak jumlah massa dan padatnya tulang, maka kekuatannya juga akan meningkat. Susu adalah salah satu sumber kalisum yang populer di masyarakat.

Susu pun hadir dalam beragam cara pengolahan dan bentuk. Seperti susu UHT, pasteurisasi, bubuk, sampai menjadi bahan campuran seperti yogurt dan susu fermentasi. Meski tidak semua, sebagian besar yogurt dan susu fermentasi mengandung probiotik.

Probiotik adalah bakteri hidup yang jika diberikan jumlah optimal maka dapat memberikan manfaat. Selain dalam olahan susu yang difermentasi, probiotik dapat ditemukan pada makanan seperti tempe atau kimchi.

Lantas, apa hubungannya probiotik dengan kekuatan tulang?

Melansir sebuah penelitian oleh de Sire, dkk. (2022) dihipotesiskan bahwa suplemen makanan, prebiotik, dan probiotik berkontribusi pada keseimbangan mikrobiologi atau bakteri usus yang penting untuk kesehatan tulang.

Beberapa bakteri usus ternyata dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi. Contohnya, bakteri Lactobacillus dan Bifidobacteria ternyata mendukung penyerapan beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor yang baik untuk kepadatan tulang.

Maka dari itu, probiotik dengan bakteri Lactobacillus dan Bifidobacteria dapat dikonsumsi guna membantu kesehatan tulang.

Sebuah srtikel meta-analisis yang dipublikasikan di BMJ Open (2021) berusaha mengetahui dampak probiotik pada kepadatan tulang wanita pascamenopause. Simpulannya, suplementasi probiotik dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang belakang.

Ini Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Melalui beberapa studi di atas, probiotik dapat kamu jadikan pilihan untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Selain konsumsi probiotik, yuk terapkan tips berikut:

Konsumsi aneka sayuran

Sayur-mayur memiliki segudang nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satunya vitamin C. Menurut situs web Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), di samping meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C pun berfungsi membantu produksi sel-sel pembentukan tulang.


Cukupi asupan vitamin D

Vitamin D memiliki beragam manfaat, di antaranya membantu penyerapan kalsium yang baik dalam pembentukan serta perlindungan tulang. Mencukupi asupan vitamin D ini unik karena dapat dilakukan melalui dua cara.

Pertama, tentunya dengan mengonsumsi makanan dengan vitamin D seperti ikan salmon, sarden, tuna, tiram, udang, kuning telur, atau jamur. Kedua, dengan bantuan paparan sinar matahari. Jadi, vitamin D merupakan salah satu vitamin yang bisa diproduksi tubuh. Caranya, cukup berjemur di bawah sinar matahari (direkomendasikan pukul 10.00 – 12.00 siang).

Rutin berolahraga

Dengan berolahraga, kekuatan otot termasuk tulang bisa terjaga.

Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol

Rokok dikenal sebagai biang dari banyak gangguan kesehatan, di antaranya menyebabkan tulang mudah rapuh. Sementara konsumsi alkohol diketahui meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis atau tulang keropos.

Terakhir, penuhi kebutuhan kalsium

Orang dewasa membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium per harinya. Konsumsi makanan seperti susu, kerju, tahu, bayam, tempe, brokoli, ikan sarden, salmon, kale, atau kubis bisa membantu pemenuhannya. Jika kesulitan mengukur kebutuhannya, kini suplemen kalsium dapat dengan mudah kamu temukan dan konsumsi yang biasanya bisa langsung mencukupi asupan harian.

Probiotik terkenal akan manfaatnya dalam membantu memperbaiki kesehatan tubuh secara umum. Begitu pun menjaga kepadatan tulang. Selain menerapkan tips di atas, jangan lupa konsumsi probiotik ya!

 

Sumber:

de Sire, dkk. (2022). “Role of Dietary Supplements and Probiotics in Modulating Microbiota and Bone Health: The Gut-Bone Axis”. Cells, 11(4): 743. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8870226/

Ding, Hua, dan Ding (2020). “Gut Microbiome dan Osteoporosis”. Aging and Disease, 11(2): 438-447. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7069453/

Yu, dkk. (2021). “Probiotic supplements and bone health in postmenopausal women: a meta-analysis of randomised controlled trials”. BMJ Open, 11(3). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7929795/

Kemkes, “Menjaga Tulang Sehat Sejak Dini”, (https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1860/menjaga-tulang-sehat-sejak-dini)

Kemkes, “Tips Pembentukan Tulang Kuat pada Anak-anak”, (https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/tips-pembentukan-tulang-kuat-pada-anak-anak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?