Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Bantu Rehidrasi Tubuh Setelah Berolahraga, Berikut Manfaat Air Kelapa


 

Apakah Yakult Family menyadari jika cuaca di luar sedang panas-panasnya? Hal ini disebabkan gerak semu matahari yang menyebabkan beberapa daerah di Indonesia mengalami cuaca panas ekstrim.

Selain berteduh di tempat dingin, konsumsi minuman dingin biasanya dijadikan solusi agar tetap segar di cuaca panas. Pilihannya beragam, mulai dari hanya air putih dingin, es teh manis, soda, sampai es kelapa muda.

Es kelapa muda umumnya berisikan air kelapa dengan irisan buah kelapa segar. Buah kelapa bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia yang sebagian wilayahnya beriklim tropis. Buah kelapa, terutama airnya, tak hanya enak dan segar, namun dapat membantu memberikan sejumlah manfaat. Apa saja ya?

Mengandung banyak nutrisi

Menurut Healthline, buah dengan nama ilmiah Cocos nucifera mulai enak untuk dikonsumsi saat berumur 7-12 bulan. Buah kelapa sebagian besar atau 94% di antaranya terdiri dari air.

Bagaimana dengan nutrisinya? Disebutkan, 240 ml air mengandung:

·         Karbohidrat: 15 gram

·         Gula: 8 gram

·         Kalsium: 4% dari anjuran harian

·         Magnesium: 4% dari anjuran harian

·         Fosfor: 2% dari anjuran harian

·         Potasium: 15% dari anjuran harian

Melawan radikal bebas

Radikal bebas merupakan sebuah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel tubuh sebagai bagian metabolisme. Ketika jumlahnya terlalu banyak, radikal bebas bisa mengakibatkan stres oksidatif yang mana dapat meningkatkan risiko penyakit.

Oleh karenanya kita harus menekan jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Caranya dengan mengonsumsi makanan atau minuman berantioksidan, seperti air kelapa.

Penelitian yang dipublikasikan Asian Pacific Journal of Tropical Medicine (2012) mencoba menguji air kelapa kepada tikus menuliskan. Hasilnya dituliskan adanya peningkatan aktivitas antioksidan secara signifikan pada tikus yang diberikan terapi air kelapa.

Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes

Sebuah penelitian pada objek tikus diabetes dilakukan oleh Preetha, Devi, dan Rajamohan (2015) untuk mengetahui manfaat air kelapa pada kadar gula darah. Disebutkan, pengujian dengan pemberian air kelapa udia dewasa ternyata bisa membantu mengurangi konsentrasi gula darah.

Pada penelitian yang sama juga disebutkan tikus tersebut memiliki kadar hemoglobin A1c lebih sedikit. Ini mengindikasikan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal terbentuk dari campuran kalsium, oksalat, dan komponen mineral lainnya yang membentuk kristal. Diperkirakan, batu ginjal mempengaruhi 12% populasi dunia. Kelapa sendiri mungkin memiliki manfaat untuk mencegah batu ginjal.

Menurut penelitian pada tikus oleh Gandhi, dkk. (2013) menuliskan, air kelapa bisa mencegah kristal menempel pada ginjal serta bagian urinasi lainnya. Di samping itu, air kelapa mengurangi jumlah kristal yang terbentuk di dalam urin.

Membantu proses pemulihan setelah berolahraga

Jika Anda melihat rak kulkas di toko, jangan heran jika banyak sekali minuman olahraga dengan bahan utama air kelapa. Hal ini disebabkan air kelapa mampu mengisi elektrolit tubuh dengan baik. Elektrolit adalah mineral yang berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Beberapa elektrolit yang vital di antaranya kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Saat berolahraga, tubuh akan berkeringat dan dapat mengurangi cairan tubuh, termasuk elektrolit, secara signifikan.

Air kelapa mengandung elektrolit potasium dan magnesium yang cocok untuk merehidrasi tubuh pascaberolahraga.

 

Sumber:

Healthline, “7 Science Based-Health Benefits of Coconut Water”, (https://www.healthline.com/nutrition/coconut-water-benefits#2.-May-have-antioxidant-properties)

Preetha, Devi, dan Rajamohan (2015). “Mature coconut water exhibits antidiabetic and antithrombotic potential via L-arginine-nitric oxide pathwat in alloxan induced diabetic rats”, Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology, 26(6):575-83. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26146124/

Bhagya, Prema, dan Rajamohan (2012). “Therapeutic effects of tender coconut water on oxidative stress in fructose fed insulin resistant hypertensive rats”, Asia Pacific Journal of Tropical Medicine, 5(4):270-6. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22449517/

Gandhi, dkk. (2013). “Prophylactic effect of coconut water (Cocos nucifera L.) on ethylene glycol induced nephrocalcinosis in male wistar rat”, International braz j urol: official journal of the Brazilian Society of Urology, 39(1):108-17. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23489503/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?