Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Ketahui Makanan yang Dapat Membantu Anda Cepat Sembuh

 C:\Users\yulia.novrina\Downloads\pexels-polina-tankilevitch-3873186.jpg

Sup ayam memiliki dampak antiinflamasi yang berguna meredakan gejala sakit pada sistem pernapasan atas. Sumber: Polina Tankilevitch dari Pexels.

 

Sakit dapat dialami oleh siapa saja. Ketika sakit melanda, kita cenderung melakukan beragam penyesuaian pada kebiasaan untuk meredakannya. Salah satunya dengan lebih berhati-hati dalam memilih asupan makan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan sering kali menjadi biang atau korban atas sakit yang diderita. Ketika seorang anak kecil mengalami pilek, maka sang ibu akan menyalahkan kebiasaan buah hatinya yang sering mengonsumsi es krim. Padahal, banyak faktor yang dapat menyebabkan anak tersebut pilek, seperti cuaca atau infeksi virus.

Meski demikian, makanan tertentu justru terkenal menyehatkan, terutama ketika kita sakit. Apa saja? Simak artikel berikut yuk!

Sup ayam

Selain daging ayam sebagai suguhan utama, di Indonesia sup ayam biasanya ditemani irisan-irisan kecil seperti kentang, wortel, brokoli, kacang buncis, dan lainnya. Kaldu ayam dipadu dengan hangatnya kuah sangatlah nikmat untuk disantap. Tak terkecuali ketika sakit.

Menurut penelitian yang dipublikasikan CHEST Journal (2000) menuliskan sup ayam memiliki dampak antiinflamasi dan berguna untuk meredakan gejala sakit pada sistem pernapasan atas.

Air kelapa

Selain air putih, air kelapa merupakan pilihan banyak orang untuk mengatasi haus pasca berolahraga. Selain itu, air kelapa mengandung elektrolit tinggi yang berguna untuk mengisi cairan tubuh. Khususnya jika Anda mengalami muntah-muntah, keringat berlebih, diare, dan demam akibat sakit.

Pada ibu hamil trimester pertama, muntah-muntah merupakan ciri yang umum. Dikutip dari penelitian oleh Ariestini dan Purnomo (2018), sekitar 70-90% perempuan yang mengandung mengalami ini.

Penelitian tersebut pun menuliskan bahwa mengonsumsi air kelapa muda memberikan efek yang signifikan terhadap penurunan muntah-muntah atau morning sickness pada trimester pertama kehamilan.

Madu

Madu berasal dari nektar tumbuhan yang diproduksi lebah dengan ciri khas rasa manis. Bukan rahasia umum lagi jika madu dipercaya masyarakat dunia untuk meredakan berbagai penyakit. Berdasarkan artikel oleh Samarghandian, Farkhondeh, dan Samini (2017), secara tradisional madu memang kerap digunakan dalam penyembuhan penyait mata, infeksi tenggorokan, hepatitis, sembelit, sampai mempercepat penutupan luka.

Madu berpotensi menjadi terapi penyembuhan penyakit karena kandungannya yang bersifat antiperadangan dan antimikroba. Lebih spesifiknya lagi, madu bermanfaat dalam pengobatan diabetes, penyakit pencernaan, kardiovaskular, dan sistem saraf.

Berterima kasihlah kepada dua kandungan utama antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang mampu menghadirkan manfaat-manfaat di atas.

Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang memadai akan memberikan manfaat kesehatan. Yogurt, susu fermentasi, kimchi, dan lainnya merupakan asupan yang seringkali mengandung probiotik. Manfaatnya pun bervariasi, salah satunya melawan penyakit.

Artikel dari The British Journal of Nutrition (2014) mengungkapkan jumlah hari sakit seseorang jauh lebih sedikit saat diuji dengan rutin konsumsi probiotik, dibandingkan dengan responden yang dites dengan plasebo. Jumlah ketidakhadiran di sekolah atau tempat kerja pun semakin berkurang.

Sakit bisa dialami siapa saja, begitu pun dengan sembuh darinya. Biasakan untuk terapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk pola makan gizi seimbang. Saat sakit, selain mengonsumsi obat, makanan dan minuman di atas dapat dijadikan pilihan agar lekas sembuh.

 

 

https://journal.chestnet.org/article/S0012-3692(15)37721-7/fulltext

https://www.cnn.com/2017/12/01/health/chicken-soup-food-drayer/index.html#:~:text=One%20study%20published%20in%20the,cell%20%E2%80%93%20when%20combined%20with%20soup.

https://www.researchgate.net/publication/329474478_The_effect_of_young_coconut_water_against_morning_sickness_among_women_in_the_first_trimester_of_pregnancy

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5424551/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24780623/

https://www.healthline.com/nutrition/15-best-foods-when-sick#TOC_TITLE_HDR_12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?