Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Apakah Probiotik Aman bagi Lansia?

 

Probiotik adalah makanan atau minuman dengan bakteri baik yang jika dikonsumsi dapat membawa manfaat bagi kesehatan. Umumnya, probiotik hadir dalam bentuk minuman seperti yoghurt atau susu fermentasi. Probiotik dapat dikonsumsi hampir semua kalangan usia, termasuk lanjut usia atau lansia.

Bahkan, lansia sangat disarankan untuk mengonsumsi probiotik. Hal ini disebabkan probiotik dapat menstimulus pertumbuhan bakteri baik yang tinggal di dalam sistem pencernaan. Saat mencapai usia tua, jumlah bakteri baik akan berkurang sementara bakteri merugikan meningkat.

Dilansir dari penelitian oleh Rondanelli, dkk. (2015), saat memasuki masa lansia, keberagaman mikrobiota pada usus semakin menurun. Bakteri baik seperti Bifidobacterium juga akan berkurang. Sementara itu, bakteri merugikan Bacteroidetes akan meningkat. Semakin tinggi jumlah bakteri merugikan, maka kesempatan timbulnya berbagai penyakit naik.

Terlebih, lansia biasanya memiliki banyak penyakit yang membutuhkan antibiotik untuk terapi pengobatan. Antibiotik sendiri menyebabkan bakteri-bakteri di usus, baik yang baik dan merugikan, musnah.

Ini adalah alasan mengapa lansia memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Sebanyak 70% sel sistem kekebalan tubuh terletak di dalam usus, sehingga menjaga kesehatannya sama dengan menjaga imunitas tetap baik dalam menghalau berbagai gangguan, khususnya penyakit infeksi.

Seberapa penting probiotik bagi lansia? Menurut penelitian Rondanelli yang sama, probiotik sangatlah aman dan dapat dijadikan sarana untuk mencegah atau mengobati diare dan konstipasi. Kedua gangguan kesehatan tersebut sangat sering dialami lansia.

Sementara itu, jurnal berjudul “Probiotics and prebiotics in the elderly” (2004) dapat membantu mengatasi malnutrisi. Termasuk pada lansia yang mulai sulit mengonsumsi beragam makanan sehat. Selain itu, probiotik diketahui dapat mendorong sistem imunitas bagi lansia.

Asupan makanan penting diperhatikan. Hindari makanan yang tinggi kalori, lemak, dan garam. Perbanyaklah konsumsi makanan berserat dan kalsium. Disarankan untuk berhenti atau membatasi konsumsi makanan dengan zat perasa, pewarna, dan pengawet.

Lebih baik, konsumsilah makanan yang bervariasi dan berbeda di setiap harinya. Porsi biji-bijian seperti sereal atau oat dan sayur-mayur sebaiknya diperbanyak masing-masing sampai 25% asupan per sekali makan. Tambahi dengan buah-buahan, sedikit daging, dan rutin konsumsi susu serta probiotik.

Jangan lupa untuk tetap berolahraga dan minum air putih dengan cukup ya!

 

Sumber:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4317609/

https://pmj.bmj.com/content/80/946/447

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?