Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Yuk Rajin Minum Air Putih Jika Tak Ingin Mengalami Ini

 

Minum air mineral atau air putih adalah aktivitas yang sederhana namun bagi sebagian besar orang sulit dilakukan. Ada berbagai faktor, mulai dari rasanya yang hambar sampai sering membuat kita kebelet buang air kecil.

Sementara itu, minum air putih penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Melansir situs web Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), orang dewasa disarankan untuk minum 8-9 gelas atau setara 1,5-2 liter per harinya.

Mengapa cairan tubuh perlu dipenuhi? Berikut alasannya:

       Menyehatkan tubuh secara umum

       Melancarkan buang air besar

       Mencegah peningkatan berat badan karena minum air putih membuat kenyang lebih cepat dan membendung makan berlebihan

       Membantu menghilangkan racun dalam tubuh melalui urin

       Meningkatkan konsentrasi

       Mencegah dehidrasi

Dehidrasi sendiri merupakan kondisi ketika cairan tubuh yang keluar lebih banyak dari yang masuk. Umumnya dehidrasi timbul ketika seseorang jarang minum air putih.

Dehidrasi ditandai dengan beberapa gejala, seperti pusing, kelelahan atau kurang energi, intensitas buang air kecil yang semakin jarang, sembelit, serta kering pada mulut, bibir, dan mata. Jika dibiarkan, dehidrasi dapat mengakibatkan malfungsi tubuh seperti berikut:

Sulit mengontrol suhu tubuh

Ketika dehidrasi, proses berkeringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh akan terganggu, Akibatnya, suhu tubuh yang terlampau tinggi akan sulit diturunkan. Hal ini bisa menyebabkan heat stroke atau serangan panas yang dapat berakibat fatal seperti pingsan hingga kematian.

Jantung bekerja lebih keras

Dehidrasi bisa menyebabkan volume darah menurun. Akan tetapi, jantung tetap memompa jumlah darah yang sama untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, jantung akan bekerja lebih keras untuk menjaga peredaran darah ke seluruh tubuh secara normal.

Jika dibiarkan, pembuluh darah akan mengerut untuk menjaga tekanan darah tetap stabil saat volume darah berkurang. Inilah penyebab ketika dehidrasi, kita cenderung merasa pusing.

Agar hal-hal di atas bisa dihindari, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Tak hanya bagi ia yang sering beraktivitas berat, tetapi juga masyarakat yang bekerja di kantor sampai ibu rumah tangga. Berikut tips memenuhi kebutuhan air putih:

       Sediakan gelas atau botol berisi air putih untuk menemani beraktivitas yang diminum terjadwal (contohnya satu jam sekali atau setiap menyelesaikan pekerjaan)

       Biasakan minum air putih saat makan atau ngemil

       Jika ingin menambahkan rasa, masukkan irisan buah atau sayuran seperti infused water

Semoga bermanfaat ya Yakult Family! Yuk jangan lupa minum air putih.

 

Sumber:

Kemkes, “Manfaat Air Putih bagi Tubuh”, (https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/412/manfaat-air-putih-bagi-tubuh)

Kemkes, “Bukan Sekadar Rasa Haus, Fatal Jika Disepelekan”, (https://promkes.kemkes.go.id/?p=8498)

Kemkes, “Penuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari”, (https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2035/penuhi-kebutuhan-air-putihmu-setiap-hari)

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?