Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Sup: Manfaat dan Hal yang Harus Anda Perhatikan


 

Tak ada yang meragukan lagi sehat nan lezatnya sebuah sajian makanan bernama sup. Sup ayam misalnya, ia tidak hanya berisikan kuah kaldu dan daging ayam saja, tetapi lengkap dengan wortel, kol, kentang, kacang polong, dan lainnya. Jangan heran jika sup menyediakan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu kelebihan sup adalah suhunya yang hangat sehingga cocok dikonsumsi di banyak kondisi. Terutama saat hujan atau kondisi sakit. Konsumsi sup dikaitkan dengan meningkatnya kualitas asupan makanan sehari-hari. Seperti yang ditulis pada penelitian oleh Yong Zhu dan James H Hollis (2014), konsumsi sup dikaitkan dengan penurunan asupan lemak total dan peningkatan asupan protein, karbohidrat, serat, dan beberpa vitamin serta mineral.

Dikarenakan sebagian besar kandungannya merupakan air, baik dari kuah maupun sayur-mayurnya, sup ternyata membantu mencukupi kebutuhan air harian.

Sup sangat pas dijadikan asupan untuk membantu program diet. Hal ini dikarenakan sup Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, dorongan untuk makan atau ngemil akan semakin berkurang.

Hal ini tertulis pada penelitian oleh Richard Mattes (2004) di jurnal Physiology & Behavior bahwa konsumsi sup menyebabkan berkurangnya rasa lapar dan peningkatan rasa kenyang dibandingkan dengan makanan padat.

Kandungan air atau kuah pada sup mempengaruhi rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, terdapat peran kognitif atau otak yang menganggap jika sup bisa membuat seseorang kenyang.

Meski demikian, mengutip Healthline, tidak semua sup atau kandungan dalam sup sehat jika dikonsumsi berlebihan. Contohnya santan dan telur. Keduanya dikenal mengandung asam lemak jenuh yang mendorong meningkatnya risiko penyakit, terutama jantung.

Salah satu bumbu dapur yang sulit lepas dari sup adalah garam. Asupan garam yang tinggi diasosiasikan dengan meningkatnya tekanan darah, penyakit jantung, ginjal, dan stroke.

Sup adalah makanan yang tidak hanya lezat dan menyehatkan, namun mudah dibuat. Tidak seperti makanan lainnya, Anda merupakan bos besar saat pembuatan sup. Anda dapat memilih sajian apa saja yang ingin dimasukkan pada sup termasuk cita rasa kuahnya.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah tetap memperhatikan kesehatan dari sajian yang dimasukkan. Pastikan perbanyak sayur-mayur namun tak melupakan protein hewaninya juga ya!

 

Healthline, “Is Soup Healthy, and Which Types Are Best?”, (https://www.healthline.com/nutrition/is-soup-healthy#benefits)

Soup and Satiety. Physiology & Behavior. Richard Mattes (2004). https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15639159/

Soup consumption is associated with a lower dietary energy density and a better diet quality in US adults. The British Journal of Nutrition. Yong Zhu dan James H Hollis (2014). https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24382211/

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?