Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Jenis-jenis Yogurt dan Manfaatnya

 

Rasanya asam, segar, dan mengandung bakteri yang baik untuk pencernaan. Ya, yogurt merupakan susu yang difermentasikan dengan bakteri baik. Tak heran jika yogurt bisa dengan mudah ditemukan di mana-mana, lengkap dengan berbagai rasa dan ukuran.

Beragamnya produk di pasaran merupakan dampak dari banyaknya jenis yogurt. Melansir Medical News Today, berikut adalah tipe-tipe yogurt:


 

Yogurt rendah lemak atau tanpa lemak

Yogurt jenis ini biasanya berisikan dua persen susu atau bahkan tanpa susu sama sekali.

Kefir

Dibandingkan yogurt, kefir memiliki tekstur dan konsistensi yang lebih cair. Mengutip Alodokter, kefir mengandung bakteri Lactobacillus kefiri dan mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi seperti Salmonell, Heliobacter pylori, dan E. coli.

Greek atau yogurt yunani

Yogurt yunani atau greek adalah jenis yang paling umum dijumpai dan populer di masyarakat. Teksturnya lembut dan kental serta bisa menahan panas lebih lama. Sehingga yogurt yunani dapat dingin lebih lama atau tetap segar.

Diketahui, teksturnya yang kental disebabkan karena proteinnya yang tinggi.

Frozen yoghurt

Seperti namanya, frozen yoghurt adalah yogurt yang dibekukan sehingga mirip es krim. Froyo – nama lain frozen yoghurt – juga sangat pas dijadikan alternatif segarnya kudapan es krim.

Meski demikian, tidak semua froyo mengandung probiotik karena proses pemanasan dalam pembuatannya kemungkinan besar membunuh bakteri baiknya.

Yogurt non-susu

Yogurt tidak selalu dibuat dengan bahan dasar susu, namun campuran lain seperti kacang kedelai dan santan kelapa.

Manfaat probiotik, memperbaiki diare dan memperkuat sistem imun

Salah satu kelebihan dari yogurt adalah kandungan probiotik atau bakteri baik yang terkandung di dalamnya. Probiotik sendiri merupakan mikroorganisme hidup yang apabila dikonsumsi dengan jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan.

Manfaat yang sering dielu-elukan adalah keampuhannya dalam mengatasi gangguan pencernaan. Salah satunya diare. Sebuah meta analisis oleh Yang, dkk. (2019) meneliti 34 studi dengan 4911 pasien. Dari hasil penelitiannya, diketahui konsumsi probiotik dapat mengurangi durasi diare tiga hari lebih cepat.

Sistem imunitas kurang lebih sangat berperan pada kemampuan tubuh untuk melawan gangguan kesehatan. Artikel penelitian yang ditulis Hao, Dong, dan Wu (2015) merekap 12 penelitian yang melibatkan 3720 partisipan untuk mengetahui dampak probiotik pada infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Hasilnya, partisipan yang diintervensi probiotik mengalami jumlah kejadian ISPA lebih sedikit. Tidak hanya itu, durasi ISPA dan ketidakhadiran anak di sekolah terkait flu juga lebih sedikit dibandingkan grup plasebo.

Pada penelitian lain yang diterbitkan The British Journal of Nutrition (2013), responden dengan rutin mengonsumsi probiotik ternyata memiliki durasi flu lebih singkat 2 hari dibandingkan yang tidak. Disebutkan juga, penelitian yang melibatkan mahasiswa sebagai responden ini juga menulis tingkat keparahan flu subjek dengan probiotik lebih rendah 34%.

Terakhir, mahasiswa yang mengambil suplementasi probiotik disebutkan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, ditandai dengan lebih sedikitnya waktu bolos dibandingkan subjek dengan plasebo.

Di tengah rasanya yang enak dan segar, ternyata yogurt terdiri dari berbagai jenis dan manfaatnya untuk kesehatan. Sudahkah kamu konsumsi yogurt hari ini?

 

Medical News Today, “Everything you need to know about yogurt”, (https://www.medicalnewstoday.com/articles/295714#types)

Alodokter, “6 Manfaat Susu Kefir dan Risiko Efek Sampingnya”, (https://www.alodokter.com/sebelum-minum-susu-kefir-cek-dulu-risiko-efek-sampingnya)

A meta-analysis of the effects of probiotics and synbiotics in children with acute diarrhea. Medicine. Yang, dkk. 2019 Sep;98(37). https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31517810/

Probiotics for preventing acute upper respiratory tract infections. The Cichrane dtabase of systematic reviews. Hao, Dong, dan Wu. 2015 Feb 3;(2). https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25927096/

Effect of Lactobacillus rhamnosus LGG and Bifidobacterium animalis ssp. lactis BB-12 on health-related quality of life in college students affected by upper respiratory infections. The British Journal of Nutrition. Smith, dkk. 2013 Jun;109(11):1999-2007. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23020819/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?