Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

5 Manfaat Rutin Beraktivitas Fisik

Kenapa sih kita harus beraktivitas fisik secara rutin? Belum lagi, kesibukan sering kali menguras banyak waktu dan tenaga yang sekiranya dapat digunakan untuk berolahraga. Meski demikian, beraktivitas fisik secara rutin sendiri merupakan salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

Situs web WHO menuliskan orang-orang yang jarang beraktivitas fisik memiliki risiko kematian 20-30 persen lebih tinggi dibandingkan ia yang rutin.

Selain menghindari risiko kematian yang lebih tinggi, ternyata beraktivitas fisik rutin memiliki manfaat lainnya lho! Yuk simak apa saja.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Di samping menjaga pola makan, dipadu dengan beraktivitas fisik dengan rutin sangat cocok bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal. Beraktivitas fisik berguna untuk membakar kalori yang didapatkan dari makan dan minum setiap harinya.

Melansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang dewasa disarankan untuk beraktivitas fisik selama 150 menit per minggunya. Agar lebih mudah, Anda dapat membaginya menjadi 30 menit per hari selama 5 hari per minggu.

Mengurangi Risiko Beragam Penyakit

Beraktivitas fisik rutin dapat menghindari Anda dari risiko terkena penyakit. Di antaranya adalah penyakit jantung yang dilansir WHO merupakan penyebab satu dari tiga kematian di dunia setiap tahunnya. Tercatat ada 17,8 juta orang meninggal akibat penyakit jantung pada 2021.

Penyakit lainnya adalah diabetes tipe 2 yang diantaranya disebabkan oleh aktivitas metabolisme. Aktivitas fisik secara rutin bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kelebihan lemak, sampai menurunkan kolesterol dan gula darah.

Beberapa kanker seperti usus, payudara, kandung kemih, ginjal, paru-paru, esofagus, dan perut juga dapat dibantu untuk dikurangi risiko terkenanya.

Memperkuat Otot dan Tulang

Tulang dan otot berguna untuk menunjang segala aktivitas yang melibatkan fisik atau pergerakan. Mengangkat galon, berlari mengejar bus yang tertinggal, sampai bekerja seharian di balik meja membutuhkan kondisi otot dan tulang yang prima.

Guna memperoleh otot dan tulang yang prima, aktivitas rutin mesti dilakukan. Contohnya dengan berlari, angkat beban, dan jenis-jenis work out lainnya yang bisa dengan mudah Anda temukan di Youtube.

Tahukah Anda? Jika kekuatan otot dan massa tulang berkurang seiring dengan pertambahan umur. Nah, dengan rajin bergerak seperti beraktivitas fisik maka otot dan tulang dapat terus diperkuat meski usia terus bertambah.

Menghindari Jatuh

Siapa yang sering jatuh seperti keseleo? Umumnya fenomena sering jatuh ini diakibatkan keseimbangan yang kurang baik. Jika menilik lebih jauh, penyebabnya adalah kita jarang melatih dan membiasakan tubuh bergerak.

Agar senantiasa terhindar Anda bisa sering-sering melakukan aktivitas yang melibatkan fisik seperti berjalan, lebih memilih menaiki tangga, membawa barang belanjaan, atau beraktivitas di luar ruangan.

Meningkatkan Kesempatan Hidup Lebih Panjang

“Selamat panjang umur dan bahagia”

Penggalan lagu “Selamat Ulang Tahun” berikut hanya akan sekadar menjadi doa dan lirik jika tidak dibarengi dengan usaha untuk hidup sehat. Salah satunya berolahraga. Masih menurut CDC, diperkirakan 110.000 kematian per tahunnya bisa dicegah jika masyarakat lebih sering beraktivitas fisik, meski hanya minimal 10 menit per harinya.

Aktivitas fisik paling sederhana adalah jalan kaki, berjalan kaki lebih banyak dan lebih sering bisa menurunkan risiko kematian prematur dari segala akibat. Sebanyak 8.000-10.000 langkah dengan durasi setidaknya 15 menit per hari sudah cukup bagi orang dewasa di bawah 60 tahun untuk menjaga kondisi badan prima, sehat, dan membantu umur panjang.

Semakin panjang umur, maka kita memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang dapat membuat bahagia. Terutama jika Anda dalam kondisi sehat.

Bagaimana, sudah paham kan? Jangan ragu untuk rutin beraktivitas fisik ya. Luangkan waktu meski sejenak, seperti istirahat kerja, di sela-sela waktu kerja, atau sebelum beraktivitas. Tetaplah selalu beraktivitas fisik karena mempertahankan beraktivitas fisik itu adalah hal terberat.

 

Sumber:

WHO, “Physical activity”, (https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity)

CDC, “Benefits of Physical Activity”, (https://www.cdc.gov/physicalactivity/basics/pa-health/index.htm)

Kemkes, “Satu dari Tiga Kematian Disebabkan oleh Jantung, Ayo Cegah Serangan Jantung”, (https://upk.kemkes.go.id/new/satu-dari-tiga-kematian-disebabkan-oleh-jantung-ayo-cegah-serangan-jantung)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?