Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

IMUN KUAT - TUBUH SEHAT

 

    Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit.

Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Setiap orang mempunyai sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang berbeda-beda, seseorang dengan sistem imun yang lemah lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit.

    Beberapa penyakit seperti batuk, flu, demam, diare dan sakit kepala sering dialami oleh orang dengan sistem kekebalan tubuh yang tidak terlalu kuat untuk melawan virus, bakteri atau kuman. Agar tidak mudah jatuh sakit, maka dapat menerapkan gaya hidup sehat, makan makanan sehat, mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga mengelola stres dengan baik.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Beberapa cara sederhana untuk menerapkan gaya hidup sehat dapat dimulai dengan :

  • Melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari.
  • Beristirahat atau tidur minimal 7-8 jam sehari.
  • Mengelola stres dengan baik dan jangan membiarkan stres berlarut-larut.
  • Menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman keras. Kebiasaan buruk seperti merokok telah terbukti secara klinis dapat merusak sistem kekebalan dan organ tubuh terutama sistem pernapasan seperti paru-paru.

 2. Konsumsi Probiotik dan Makanan sehat

    Penting sekali mengkonsumsi makanan sehat untuk meningkatkan sistem imun yang lemah. Mulailah untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur segar dan hindari mengkonsumsi makanan junk food, berminyak, terlalu manis dan asin. Seseorang yang rutin mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah terbukti mempunyai sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik daripada mereka yang jarang mengkonsumsi makanan tersebut. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada sayur dan buah sangat baik mengembalikan sistem imun yang rusak akibat penyakit dari virus atau bakteri. Konsumsi probiotik juga diperlukan untuk menjaga kesehatan terutama saluran cerna. Lebih dari 70% sel-sel kekebalan tubuh kita terdapat di saluran pencernaan. Menjaga sistem pencernaan agar tetap bekerja dengan baik juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.  

3. Suplemen untuk Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

    Mengkonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh seperti vitamin juga dapat dipilih sebagai salah satu alternatif. Sebelum mulai mengonsumsi suplemen sebaiknya Anda perhatikan dulu kandungan dan kesesuaiannya dengan kebutuhan Anda. Jika memang dibutuhkan, Anda dapat melakukan konsultasi kepada ahli gizi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen.

 

Referensi :

    Majalah OTC Agustus 2015

 https://health.kompas.com/read/2020/04/25/193100668/10-cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh?page=all

  https://www.alodokter.com/agar-tak-mudah-sakit-ini-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-di-musim-hujan-dan-banjir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?