Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Mengapa Merawat Kuku Penting untuk Kesehatan?


 

Memotong kuku bukan hanya dilakukan untuk memperindah tangan, namun lebih jauh lagi: kesehatan badan. Di zaman penuh mode seperti ini, merawat kuku mulai dari memotongnya dengan rapi hingga mengecatnya dengan berbagai macam warna bukanlah sesuatu yang asing lagi.

Kuku dapat menjadi sarang bakteri dan kotoran penyebab infeksi. Salah satunya adalah infeksi pinworm atau cacing kremi yang biasanya menjangkit anak-anak. Infeksi ini disebabkan cacing Enterobius vermicularis yang sebetulnya bisa dicegah dengan cara selalu menjaga kesehatan kuku.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemkes) melalui situs webnya, kuku adalah salah satu apendiks kulit yang tumbuh sekitar satu milimeter per minggu. Berbeda dengan kuku pada jari tangan, di jari kaki biasanya tumbuh lebih lambat.

Tertulis, disarankan untuk memotong kuku rutin sebanyak 1-2 kali seminggu. Disarankan pula untuk membersihkan dengan disinfektan agar terbebas dari kuman dan bakteri. Guntinglah setelah mandi agar kuku lebih lunak dan mudah dipotong.

Guntinglah kuku di tengah pencahayaan yang terang. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi salah potong yang memicu luka. Potonglah kira-kira 1-2 milimeter dia atas garis kuku. Gunting membentuk lengkungan sempurna dan hindari memotong bagian ujung kuku karena rentan menimblkan paronychia atau cantengan.

Selain mengunting kuku, dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, ada berbagai cara untuk merawat kuku, di antaranya:

1.      Jagalah kuku tetap pendek atau potong secara berkala

2.      Gosok bagian bawah kuku dengan sabun dan air setiap mencuci tangan

3.      Biasakan untuk rutin mencuci alat pemotong kuku, lebih bagus lagi sebelum digunakan

4.      Hindari menggigit atau mengunyah kuku

5.      Jangan potong bagian kulit yang melingkari bagian kuku karena ia berfungsi sebagai pelindung dari infeksi

Kebiasaan menggigit kuku

Beberapa orang, meskipun terlihat menjijikan, menggigit kukunya dalam berbagai situasi. Sebut saja seperti frustrasi atau sekadar menghabiskan waktu di kala bosan.

Namun demikian, umumnya kebiasaan ini terjadi mulai dari seseorang kecil. Dikutip dari Healthline, kebiasaan menggigit kuku disebut onychophagia.

Menurut sudut pandang psikologis, menggigit kuku bisa juga dilakukan sebagai kebiasaan ketika menghadapi situasi seperti stres, cemas, bahkan jika sedang berkonsentrasi.

Efek samping dari membiasakan hal ini mungkin tidak terasa, tetapi tetap tidak dianjurkan karena dapat membahayakan kesehatan. Selain terlihat aneh atau tidak higienis di mata orang lain, infeksi cacing kremi dan berbagai jenis jamur, bakteri, serta virus dapat terjadi. Bila kuku dalam keadaan tipis, ia dapat membahayakan gusi atau gigi.

Sementara itu, konsumsi makanan yang bergizi bagi kekuatan kuku seperti buah-buahan, daging tanpa lemak, ikan salmon, sayuran daun hijau, kacang-kacangan, telur, dan biji-bijian. Jangan lupa sertakan dengan minum air cukup dan rajin berolahraga agar kita selalu sehat!

 

Sumber:

https://mediakom.kemkes.go.id/index.php/posts/detail/cara-tepat-memotong-kuku

https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/hand/nail_hygiene.html

https://www.healthline.com/health/why-do-people-bite-their-nails#side-effects-of-biting-fingernails

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?