Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Meditasi, Yuk!


            Sistem kekebalan tubuh kita dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya pola hidup tidak sehat seperti stres. Ketika tubuh dalam kondisi stres dan pikiran kita negatif, maka otak akan memproduksi hormon yang dapat menurunkan tingkat daya tahan tubuh sehingga memicu timbulnya penyakit. Oleh karena itu, penting bagi Yakult Family untuk bisa mengelola stres dan pikiran negatif supaya tetap dalam kondisi sehat.

            Salah satu cara manajemen stres yang dapat Yakult Family lakukan adalah meditasi. Seperti yang dikutip dari Alodokter, meditasi adalah kegiatan melatih fokus pikiran kita sehingga memiliki pandangan yang jernih akan kondisi yang terjadi pada saat ini dan tetap merasa tenang. Aktivitas sederhana ini dapat kita lakukan tanpa menggunakan peralatan khusus, cukup duduk dengan tenang sembari mengatur konsentrasi dan pernapasan yaitu; tarik napas dalam-dalam melalui hidung setidaknya tiga detik, kemudian tahan napas selama dua detik, selanjutnya buang napas selama empat detik perlahan, ini dilakukan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.


            Meditasi memiliki manfaat untuk menurunkan kecepatan detak jantung, membantu menurunkan tekanan darah, serta mendatangkan pikiran positif saat Keluarga Yakult mengalami kondisi stres. Selain itu, meditasi dapat menambah konsentrasi, daya ingat, dan kesadaran. Dengan kelebihan tersebut meditasi bisa membawa kita ke dalam suasana emosi yang positif seperti perasaan hati yang bahagia, tenang, dan nyaman.

            Ketika kesehatan jiwa kita dalam keadaan baik, maka aktivitas dan kinerja sel-sel kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan optimal sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga. Hal ini juga berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli dalam jurnal Psychosomatic Medicine yang menyatakan bahwa meditasi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi pikiran negatif penyebab stres yang bisa membuat sistem kekebalan menjadi lemah guna melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.


            Jadi jangan lupa sertakan meditasi dalam sesi olahraga Yakult Family setiap hari ya. Namun setelah beraktivitas fisik, ada baiknya kita penuhi pula asupan nutrisi dengan makan makanan bergizi seimbang dan minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. 



Selain itu, kita bisa mengonsumsi asupan tambahan seperti minuman susu fermentasi Yakult untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Karena dengan lebih dari 6,5 miliar bakteri L. casei Shirota strain dalam satu botolnya, Yakult mampu membantu meningkatkan aktivitas bakteri bermanfaat dan menekan pertumbuhan bakteri merugikan di dalam usus. Dengan begitu daya tahan tubuh tetap kuat dan kesehatan pun terjaga dengan baik.



“Mari Cintai Ususmu, minum Yakult setiap hari”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?