Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Ini Dia Tips Aman dari Virus saat Naik Kendaraan Umum

Ditengah pandemi tahun 2020, kita disarankan mengurangi kegiatan di luar rumah untuk membantu menurunkan penyebaran virus. Salah satunya ialah dengan bekerja dari rumah atau yang biasa disebut work from home (WFH). WFH merupakan cara yang efektif dalam membantu menurunkan curva penyebaran virus penyebab Covid-19. Namun, tidak semua kantor bisa dilakukan dengan cara WFH. Sehingga mau tidak mau, para pegawai harus berangkat ke kantor. 

Sebagian dari mereka, untuk berangkat ke kantor banyak yang menggunakan kendaraan umum. Jangan khawatir, ini dia tips aman dari berbagai virus saat naik kendaraan umum:

 
1. Gunakan Masker dan Hand Sanitizer Berbasis Alkohol
Untuk bepergian menggunakan kendaraan umum, jangan lupa pastikan sudah menggunakan masker dari rumah, supaya mengurangi resiko penularan virus. Dan untuk menghilangkan bekas kuman, virus, serta bakteri merugikan yang menempel di tangan, bisa menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol.



 
2. Hindari Menyentuh Bagian Kendaraan Secara Langsung
Jika tidak menggunakan sarung tangan, usahakan semaksimal mungkin untuk tidak menyentuh bagian kendaraan secara langsung. Namun, jika sangat terpaksa untuk membuka pintu, kita bisa menggunakan siku atau tangan yang dilengkapi dengan sarung tangan atau kain pelapis.



 

3. Cukup Minum dan Makan Makanan Bergizi
Makanlah makananan bergizi serta perbanyak minum air putih. Karena dengan asupan makanan bergizi dan minum air putih, dapat membuat sistem daya tahan tubuh kita bekerja secara optimum.



 

4. Jaga Jarak Antar Penumpang
Pastikan kita selalu menjaga jarak dengan penumpang lainnya. Menjaga jarak minimal satu meter, dapat mengurangi resiko penularan virus. Kita tidak perlu memaksakan untuk masuk, jika di dalam kendaraan sudah penuh.




 

5. Sebaiknya Tidak Berbagi Makanan dan Minuman dari Wadah Yang Sama
Bawalah bekal makan atau minum untuk diri sendiri. Untuk situasi pandemi saat ini, kita perlu untuk menjaga diri kita dan orang lain dari penularan virus. Untuk itu, sebaiknya kita tidak berbagi makanan dan minuman dari wadah yang sama.


 

6. Selama di perjalanan  Gunakan Waktu untuk Istirahat, Berpikir Positif dan Jangan Lupa Berdoa
Selama perjalanan menuju tempat tujuan, kita bisa menggunakan waktu untuk beristirahat. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif, dan selalu berdoa untuk kebaikan semua.




Usahakan untuk melakukan beberapa tips diatas secara rutin, untuk mencegah terjadinya penularan virus. Semoga kita semua dijauhkan dari berbagai macam gangguan kesehatan Yakult Family! 


“Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari” 


Referensi: - BPOM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?