Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Sehingga Kita Tetap Sehat

Daya tahan tubuh atau dikenal dengan kekebalan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk menangkal penyakit. Saat daya tahan tubuh meningkat, kita akan menjadi sehat. Tetapi apabila daya tahan tubuh menurun, kita akan menjadi sakit. Daya tahan tubuh dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu:

1. Usia 
  Umumnya daya tahan tubuh meningkat hingga usia 20 tahunan dan selanjutnya akan menurun secara bertahap. (Grafik, sumber : Kazutomo Imahori, 1993/ Prof. Dr. Yoshio Aso, 1997, Japan)
  

2. Gaya Hidup
    Selanjutnya daya tahan tubuh juga dipengaruhi oleh gaya hidup kita, seperti:
  • Makan tidak teratur
  • Kurang istirahat
  • Gizi tidak seimbang
  • Merokok
  • Kurang gerak badan
  • Stres
  • Minum minuman keras 
 Daya tahan tubuh bekerja melalui sel-sel kekebalan tubuh. Sebanyak 80% sel-sel kekebalan tubuh dibentuk di dalam usus (dibagian peyer's patches). Ada dua sel kekebalan tubuh yang bekerja dominan, diantaranya:
  1. Sel Makrofag, berperan membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Makrofag memberi informasi apa saja yang telah ia makan kepada komandannya yaitu sel T-Helper. Sel T-Helper ini mengaktivasi sel-sel kekebalan tubuh dan memerintahkan untuk menyerang. 
  2. Sel NK (Natural Killer), berperan dalam membunuh sel kanker. Bersama dengan sel T-Killer, sel NK akan menyerang bakteri atau sel yang terinfeksi virus ataupun sel kanker. 
 
Apa itu sel kanker?
Sel kanker adalah sel normal yang berubah bentuk menjadi tidak normal, tumbuhnya tidak terkendali dan merusak sel lainnya. Sel kanker terbentuk di dalam tubuh karena karsinogenik (racun) yang dihasilkan oleh bakteri jahat, polusi udara, bahan pengawet makanan dan lain-lain. Bagian yang terlalu gosong pada sate adalah contoh dari zat karsinogenik yang ada. 
Setiap harinya terbentuk sekitar 6.000 sel kanker di dalam tubuh kita. Dengan aktivitas sel NK yang tinggi, pertumbuhan sel kanker dapat dihambat.

Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?