Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan

Banyaknya gangguan kesehatan yang bermunculan saat ini seharusnya menjadi perhatian kita. Beberapa diantaranya berasal dari kuman atau bakteri jahat. Agar dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan tersebut, ada baiknya kita melakukan beberapa langkah pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh pada titik optimum sehingga dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. 


Menerapkan pola hidup sehat tidak lepas dari mengonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Ingat, waktu makan juga perlu diperhatikan. Usahakan sarapan sehat di pagi hari sebelum memulai aktivitas karena dengan perut yang sudah terisi di pagi hari akan menambah energi untuk beraktivitas hingga siang hari. Perbanyak pula minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Jangan lupa untuk menambahkan probiotik untuk menu sehat Anda seperti dengan minum susu fermentasi Yakult. 

Sibuk beraktivitas seharian jangan sampai membuat Anda lupa untuk berolahraga. Olahraga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit dalam beraktivitas dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Bagi Anda yang memiliki kegiatan yang cukup padat, olahraga ringan seperti berjalan kaki, lari pagi atau berenang selama 10 - 30 menit setiap hari sudah cukup untuk menjaga kebugaran tubuh. 


Setelah beraktivitas seharian, tubuh pasti membutuhkan istirahat. Berikan waktu istirahat disela-sela kesibukan Anda dan tidur yang cukup di malam hari. Usahakan untuk tidak begadang karena hal ini dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh sehingga mudah terserang gangguan kesehatan. Dengan tidur yang cukup di malam hari akan membuat kondisi tubuh kembali optimal dan kekebalan tubuh juga meningkat sehingga tidak mudah terpapar gangguan kesehatan.

Selain hal diatas, yang perlu diperhatikan adalah kebersihan. Menjaga kebersihan dapat membantu agar terhindar dari gangguan kesehatan. Menjaga kebersihan tubuh dengan rajn mencuci tangan dan mandi setelah selesai beraktivitas dapat membuat kuman atau bakteri jahat sulit berkembang di tubuh Anda. Bersihkan juga lingkungan sekitar Anda seperti jangan menumpuk sampah di dalam rumah terlalu lama. Usahakan untuk membuang sampah rumahan pada tempat pembuangan sampah setiap hari agar kuman atau bakteri jahat yang dihasilkan oleh sampah tersebut tidak berkembang biak dan menjadi sumber gangguan kesehatan. 

Komentar

  1. Makasih postingannya, di saat sekarang sedang mewabah virus corona, sangat diutamakan menjaga kekebalan tubuh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?