Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Hal yang Harus Disiapkan Di Musim Hujan


Musim hujan sudah melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Tidak sedikit pula wilayah yang mengalami bencana banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi. Selain menyebabkan banjir, hujan yang berkepanjangan juga dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan di musim hujan agar aktivitas tetap berjalan dengan baik.


Saat musim hujan, udara akan terasa semakin dingin. Untuk itu, jangan lupa menggunakan pakaian yang tebal dan hangat seperti cardigan, sweater dan jaket, terlebih disaat bepergian keluar rumah. Dengan menggunakan pakaian yang hangat, maka suhu tubuh juga akan tetap terjaga sehingga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan seperti demam, flu dan diare.


Bicara tentang musim hujan, tidak akan lepas dari siap sedia payung atau jas hujan apabila akan berkegiatan diluar rumah atau diluar ruangan. Frekuensi turunnya hujan yang cukup tinggi dapat membuat kegiatan diluar ruangan menjadi sedikit terganggu. Untuk itu, pastikan payung atau jas hujan selalu ada di dalam tas agar tidak kehujanan dan aktivitas tetap berjalan lancar.
Untuk yang beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa cek kendaraan sebelum berangkat. Pastikan kondisi mesin dan ban dalam keadaan baik. Jalanan yang licin ketika hujan dapat membuat kendaraan terkadang sulit dikendalikan sehingga meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Pastikan juga mesin kendaraan dalam keadaan baik karena pada musin hujan tidak jarang kendaraan melewati genangan air ataupun banjir. Apabila mesin kendaraan dalam kondisi tidak baik, bisa jadi mesin akan mati ketika terkena air. Hal yang perlu diingat ketika berkendara saat musim hujan adalah mengatur kecepatan laju kendaraan. Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi karena jalanan yang basah dan licin dapat menyebabkan kendaraan tergelincir atau kecelakaan. 

Selain hal-hal yang tadi disampaikan, hal yang paling penting untuk disiapkan adalah menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar saat musim hujan. Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi agar dapat menguatkan imun tubuh sehingga tidak mudah jatuh sakit. Hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rutin minum Yakult minimal 1 botol setiap hari secara rutin. Dengan rutin minum Yakult setiap hari dapat membantu menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri merugikan di dalam usus sehingga daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?