Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Pentingnya Konsumsi Susu



Susu adalah sumber pangan penyempurna yang kandungan gizi dan manfaatnya lengkap. Susu mengandung kalori, protein, karbohidrat, lemak dan zat-zat gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa manfaat susu diantaranya untuk memperkuat tulang, menjaga kesehatan gigi, menjaga berat badan, meningkatkan kualitas tidur dan menetralisir racun-racun di dalam tubuh. Oleh sebab itu, susu dapat dijadikan sumber nutrisi alami sekaligus pelengkap pola makan sehat dan seimbang yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Kandungan air pada susu cukup tinggi yaitu sebanyak 87,5 %. Dalam hal ini, pengolahan makanan dengan menggunakan susu sebagai salah satu bahannya, susu juga dapat digunakan sebagai sumber air, misalnya dalam pembuatan roti atau kue, dan susu fermentasi.

Susu mengandung kadar gula sebesar 5%, namun rasanya tidak manis. Hal ini dikarenakan gula pada susu yang disebut laktosa, memiliki tingkat kemanisan hanya seperlima dari kemanisan gula pasir (sukrosa). Laktosa bermanfaat untuk mendukung penyerapan mineral, penyedia energi, menjaga kesehatan usus dan membentuk sel otak. Seperti diketahui, pembentukan sebagian besar sel otak telah selesai pada usia 7 tahun. Sebelum usia tersebut, maka perlu untuk mengonsumsi cukup banyak laktosa agar jumlah maupun perkembangan sel otaknya berlangsung dengan baik dan normal.

Susu juga mengandung asam amino yang bermanfaat sebagai bahan pembangun tubuh yang sangat baik. Kandungan asam amino pada susu juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.
Kebiasaan meminum susu secara teratur sejak dini dapat mencegah kekurangan enzim laktase. Enzim laktase adalah enzim yang berfungsi memecah dan mencerna laktosa di usus halus. Kekurangan enzim laktase dapat menyebabkan seseorang menderita Lactose Intolerance yaitu ketidakmampuan seseorang dalam mencerna laktosa.

Saat ini, sudah banyak dikembangkan berbagai makanan dan minuman yang berbahan dasar susu dengan kadar laktosa rendah, salah satunya adalah Yakult – Minuman susu fermentasi – Minuman Keluarga sehat setiap hari.
Dengan proses fermentasi, kandungan laktosa pada susu skim akan diuraikan oleh bakteri L. casei Shirota strain sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita Lactose Intolerance. Yakult juga boleh dan aman dikonsumsi mulai dari bayi yang sudah mendapatkan makanan tambahan hingga lansia.

Yakult disarankan untuk diminum minimal 1 botol setiap hari secara rutin. Dengan minum Yakult 1 botol setiap hari sudah cukup untuk menjaga kesehatan kita karena di dalam 1 botol Yakult terdapat lebih dari 6,5 miliar bakteri L. casei  Shirota strain yang jumlahnya sudah cukup untuk dapat memperoleh manfaatnya.


Mari cintai usus kita dengan minum Yakult setiap hari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?