Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Yakult Minuman Keluarga Sehat Setiap Hari

          Kesehatan adalah kebutuhan yang sangat penting. Setiap orang penting menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat, gizi seimbang, olahraga, rekreasi dan pikiran tenang. Hal ini tidak mudah untuk dilakukan terutama di daerah perkotaan yang sarat dengan tingkat stress karena pekerjaan, lingkungan dan tuntutan keluarga. 

          Gizi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari akan diserap oleh tubuh sehingga kita dapat selalu sehat dan mampu melakukan kegiatan tanpa ada gangguan. Namun tanpa disadari, dalam waktu bersamaan kita juga memberikan kesempatan untuk masuknya bakteri merugikan ke dalam tubuh melalui makanan sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan seperti keracunan, diare atau sembelit dan lainnya. 

          Untuk mampu menciptakan daya tahan tubuh yang baik tersebut, kita perlu menjaga asupan gizi makanan dan pola hidup sehat diiringi olahraga dan rekreasi. Daya tahan tubuh dapat terjaga pada titik optimum sehingga kita mampu menolak masuknya gangguan tubuh. Daya tahan tubuh diperoleh jika pencernaan selalu baik. Lebih dari 100 trilyun bakteri ada dalam pencernaan setiap manusia yang terdiri dari bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri ini mempunyai peranan masing-masing bagi kesehatan. Jumlah tersebut jika ditimbang beratnya 1,5 kilogram. 


        Jika bakteri baik lebih dominan, manusia dapat hidup sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan karena bakteri baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga titik optimum, dan jika bakteri merugikan yang lebih banyak, manusia akan mudah terserang gangguan kesehatan karena bakteri merugikan tersebut menghasilkan racun dalam tubuh. 

       Keseimbangan bakteri ini perlu selalu terjaga sebab bakteri merugikan mempunyai siklus perkembang biakan yang sangat cepat dibandingkan bakteri baik. Jika hal ini dibiarkan, pencernaan akan didominasi populasi bakteri merugikan dalam tubuh yang mengakibatkan gangguan pencernaan dan gangguan kesehatan lainnya.

           Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dapat membantu daya tahan tubuh terjaga baik karena bakteri baik dapat membantu menyerap nutrisi dan gizi di usus. Selain itu cara lainnya adalah dengan memasukkan bakteri baik ke dalam tubuh. Hanya bakteri unggul-lah yang mampu melewati asam lambung dan cairan empedu sehingga mampu sampai di usus kecil dalam keadaan hidup. Bakteri tersebut berguna untuk menjaga daya tahan tubuh selalu optimum.

           Salah satu jenis bakteri baik yang telah terbukti mampu tersebut adalah bakteri L. casei Shirota strain yang terdapat di dalam setiap botol Yakult. Hal ini dapat dibuktikan jika kita mengonsumsi produk yang mengandung bakteri baik tersebut dalam waktu tiga minggu berurutan, maka pada feses akan ditemukan bakteri tersebut masih dalam keadaan hidup. Dengan pembuktian tersebut berarti kekuatan bakteri L. casei Shirota strain benar-benar mampu melewati asam lambung dan cairan empedu yang berarti akan memberi kebaikan bagi pencernaan kita karena bakteri ini mampu membantu menekan racun dan pertumbuhan bakteri merugikan. 

          Dengan mengonsumsi satu botol Yakult setiap hari, usus selalu dalam keadaan baik dan kita mampu melakukan kegiatan karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik. Produk Yakult yang bermanfaat ini dapat ditemukan di gerai dekat tempat tinggal kita atau dapat diantarkan oleh Yakult Lady tanpa tambahan biaya hantar meski hanya satu botol setiap waktu pengiriman.

Mari kita buat gerakan "Cintai Ususmu Minum Yakult Tiap Hari"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?