Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Minum Yakult, Sambut Tahun Baru, Cintai Ususmu


Lebih dari 100 jenis penyakit terdapat di usus. Cuaca yang tidak menentu memicu datangnya gangguan pencernaan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan data dari bulan Desember 2017 hingga Februari 2018 merupakan periode musim hujan tertinggi.


Semua kelihatannya baik, tapi awas usus belum tentu baik. Cuaca yang tidak menentu juga membuat gangguan pencernaan begitu cepat menular, terlebih yang ditimbulkan oleh bakteri merugikan. Penyebarannya bisa melalui kontak langsung atau melalui makanan. Menghadapi cuaca tersebut, cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit diantaranya:
1.         Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup seperti tidur pada malam hari tidak dihitung dari berapa lamanya waktu tidur tetapi tergantung pada kualitas dari tidur yang dijalani. Suasana hati, asupan gizi yang tidak seimbang, stres dan masuknya bakteri merugikan dari luar tubuh, membuat tubuh mudah terserang gangguan pencernaan. Kurang istirahat membuat kita rentan terhadap gangguan pencernaan.
2.         Rajin cuci tangan
Tangan merupakan bagian tubuh yang paling berpengaruh dalam penularan penyakit sebab sebagian besar kegiatan tubuh berhubungan dengan tangan. Tangan sering menyentuh bagian yang rentan seperti mata, mulut dan hidung. Tangan juga sering menyentuh makanan yang kita makan sehingga tangan yang tidak terjaga kebersihannya dapat menyebabkan bakteri merugikan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan gangguan pencernaan. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk rajin mencuci tangan sebelum makan untuk mengurangi kemungkinan masuknya bakteri merugikan yang menyebabkan gangguan pencernaan.
3.         Olahraga teratur
Selain menjaga sirkulasi darah Anda, olahraga juga dapat membantu meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami (Natural Killer Cells / Sel NK) di dalam saluran cerna. Limfosit yang berada di aliran darah dan lapisan mukosa hidung dan saluran pernapasan inilah yang bertugas melawan bakteri dan virus yang masuk ke tubuh. Saat berolahraga, aktivitas Sel NK naik dan tetap tinggi selama sekitar 36 jam setelahnya.

4.         Menjaga Saluran pencernaan dengan baik
Saluran pencernaan yang didominasi bakteri merugikan membuat daya tahan tubuh menurun. Ketika daya tahan tubuh menurun, gangguan pencernaan dengan mudah menyerang. Dengan mengkonsumsi satu botol Yakult setiap hari, berarti kita telah memasukkan lebih dari 6,5 miliar bakteri baik L. casei Shirota strain ke dalam usus kita.
Namun bagaimana cara kerja bakteri baik L. casei Shirota strain didalam pencernaan ? Bakteri baik L. casei Shirota strain akan memproduksi asam laktat di dalam usus sehingga jumlahnya bakteri baik lainnya juga akan bertambah dan akan memperbaiki kondisi bakteri penghuni usus.
Mari kita buat gerakkan Cintai Ususmu Minum Yakult Setiap Hari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?