Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Tetap Sehat Saat Liburan Pergantian Tahun



Semuanya kelihatan baik, tapi awas usus belum tentu baik. Lebih dari 100 jenis penyakit terdapat di usus. Perhatikan kesehatan saat berlibur atau bepergian ke suatu tempat, karena sakit saat liburan menjadi tidak menyenangkan. Rencana liburan yang sudah disusun sebelumnya bisa berantakan karena gangguan pencernaan menyerang saat di perjalanan. Penyebabnya bisa karena jet lag, perubahan cuaca, kurang tidur, kelelahan dan pola makan yang tidak sehat.  Agar kesehatan pencernaan tetap terjaga coba lakukan hal ini :
1.     Bersikap tenang
Saat liburan gangguan pencernaan menghinggapi, memang rasanya menyebalkan. Tapi Kita tidak perlu panik, banyak orang pernah mengalami hal yang sama. Mencoba bersikap tenang dan mengingatkan diri untuk rileks dan menarik napas dalam-dalam akan lebih baik. Stres dan cemas hanya akan memperburuk keadaan, bukannya sehat, gangguan pencernaan malah dapat menambah beban liburan.
2.     Istirahat yang cukup
Saat lelah, tidurlah dan ini cara yang ampuh untuk memulihkan kondisi tubuh. Jika Kita memaksakan diri, kondisi tubuh menjadi lebih buruk. Kita memang harus mengorbankan agenda liburan, namun kesehatan tetap dijaga agar dapat menikmati liburan. 
3.     Mandi dengan air hangat
Mandi air hangat mampu me-rileks-kan otot dan membantu persendian tubuh menjadi lebih nyaman. Efek mandi air hangat sama dengan kompres air hangat mampu mempercepat terjadinya penguapan angin di dalam tubuh karena adanya pelebaran pembuluh darah sehingga pori-pori akan terbuka. Hindari mandi air dingin karena bisa menyebabkan terjadinya kontraksi atau pengecilan pembuluh darah. Akibatnya tidak terjadi penguapan angin di pori-pori kulit, sehingga hawa panas di dalam tubuh tidak bisa keluar.
4.     Banyak minum air putih
Ketika sakit, tubuh kehilangan banyak zat makanan yang sangat dibutuhkan. Misalnya saat demam, tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak sehingga membuat persediaan cairan dalam tubuh menjadi menipis. Begitu juga dengan gangguan pencernaan dan lainnya. Selain itu, selera makan juga sangat menurun sehingga tidak mendapatkan banyak asupan cairan dari makanan, oleh karena itu dianjurkan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
5.     Menjaga saluran pencernaan dengan baik
Pertama yang menyerang saat liburan adalah gangguan pencernaan, dikarenakan saat perjalanan panjang lebih banyak melakukakn aktivitas duduk di moda transportasi yang dipilih. Agar terhindar dari gangguan pencernaan dan pergerakkan ususnya menjadi normal sangat dianjurkan mengonsumsi satu botol Yakult setiap hari. Yakult adalah minuman susu fermentasi berisi bakteri baik L. casei Shirota strain lebih dari 6,5 milyar dalam satu botol.
Selain itu Yakult bermanfaat membantu menjaga daya tahan tubuh, bakteri L. casei Shirota strain akan meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh. Dengan begitu liburan menjadi menyenangkan dan bermanfaat mengurangi stres, menghilangkan penat, menambah wawasan serta pengalaman dan masih banyak manfaat lainnya
#MinumYakultSambutTahunBaruCintaiUsusmu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?