Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Apasih Arti “Usus yang Sehat Adalah Kunci Umur Panjang” ? Mari Cari Tahu Yuk!

         Halo Yakult Family, pasti Anda pernah menemukan ungkapan “usus yang sehat adalah kunci umur panjang” saat membaca tulisan-tulisan dalam situs ini. Lalu apakah Anda mengetahui maksud dari kalimat tersebut? Jika jawabannya adalah be

lum, mari kita cari tahu makna yang terkandung di dalamnya pada tulisan kali ini, yuk.

           Usus merupakan organ dalam sistem pencernaan pada tubuh manusia. Terdapat dua macam usus yang berperan besar saat pengolahan makanan yaitu usus kecil dan usus besar. Usus kecil atau yang biasa juga disebut dengan usus halus memiliki peran dalam penyerapan sari-sari makanan dan mengubahnya menjadi energi untuk dialirkan dalam darah ke seluruh tubuh. Sedangkan usus besar berfungsi untuk menyerap air yang terdapat pada makanan dan sebagai tempat pembentukan feses hasil dari sisa pengolahan.

 

             Pada permukaan usus kecil terdapat lipatan-lipatan yang memiliki serabut halus bernama Vili yang berguna untuk mempermudah penyerapan nutrisi pada makanan. Selain itu, ada juga bagian pada permukaan usus kecil yang berbentuk seperti kubah yang disebut sebagai Peyer’s Patches. Bagian ini merupakan tempat diproduksinya sel-sel kekebalan tubuh yang akan membasmi bakteri atau virus yang masuk bersama makanan.

         

 

       Tahukah Yakult Family? Sebenarnya secara alamiah terdapat bakteri yang hidup pada permukaan usus kita. Bakteri-bakteri yang beraneka ragam tersebut hidup berkelompok dan jika diamati menggunakan alat khusus akan tampak seperti taman bunga, sehingga disebut dengan istilah flora usus. Akan tetapi, tidak semua mikroorganisme merupakan bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh kita. Ada pula bakteri jahat yang bisa merugikan tubuh dan menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Oleh karena itu, kita perlu menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat dengan pola hidup sehat agar kesehatan usus tetap terjaga.

            Lalu mengapa usus yang sehat dapat mempengaruhi usia kita? Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa usus memiliki peran penting sebagai pusat pengolahan nutrisi dan energi yang dibutuhkan bagi tubuh, serta memiliki “markas” sel-sel kekebalan tubuh. Sehingga ketika usus kita mengalami gangguan, maka akan berpengaruh juga pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bisa saja penyakit yang menyerang tubuh itu tidak bisa dikendalikan oleh sel-sel kekebalan tubuh akibat proses produksinya di dalam usus tidak bekerja secara optimal. Ketika tubuh menjadi semakin lemah akibat penyakit yang kian menyebar, maka akan berpengaruh pula pada masa usia hidup seseorang. Itulah mengapa kondisi kesehatan usus serta flora usus dapat mempengaruhi usia hidup kita.

          

Ungkapan “usus yang sehat adalah kunci umur panjang” dicetuskan oleh Dr. Minoru Shirota, seorang ahli mikrobiologis asal Jepang yang berhasil mengembangbiakkan bakteri asam laktat yang diberi nama L. casei Shirota strain. Bakteri ini bermanfaat dalam membantu menyeimbangkan flora usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

            Kemudian agar mudah dikonsumsi oleh banyak orang, Dr. Minoru Shirota membuat minuman susu fermentasi Yakult yang mengandung lebih dari 6,5 miliar bakteri L. casei Shirota strain disetiap satu kemasannya. Dengan mengonsumsi Yakult setelah makan secara rutin setiap hari, pertumbuhan bakteri merugikan di permukaan usus dapat ditekan sehingga kita terhindar dari gangguan pencernaan.

            

 

“Mari Cintai Ususmu, minum Yakult setiap hari”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?