Kenapa Sering Pilek saat Musim Hujan? Ini Cara Atasi Pileknya

Gambar
  Pilek umum terjadi ketika suhu ruangan sedang dingin-dinginnya. Terutama pada musim hujan seperti saat ini, risiko pilek karena kedinginan semakin meningkat. Bagaimana bisa? Menurut situsweb Cleveland Clinic, saat bernapas udara yang bersifat dingin dan kering dapat mengiritasi hidung. Sebagai salah satu bentuk pertahanan, kelenjar hidung menghasilkan lendir atau pilek berlebih untuk menjaga lapisan di saluran pernapasan tetap lembab. Pilak yang terlalu banyak akan bergumul dan mengakibatkan hidung tersumbat. Pilek disebabkan oleh banyak hal selain dari suhu ruangan. Seringnya dikarenakan infeksi virus atau alergi terhadap debu, bulu, atau serbuk sari. Hidung yang basah dan sering mengeluarkan pilek sering kali membuat risih. Tak jarang juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi jangan khawatir, berikut tips mengatasi pilek menurut Healthline.com . Banyak minum air putih Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Cobal

Yakult Dapat Membantu Menyehatkan Usus


Usus merupakan organ yang sangat penting di dalam tubuh. Cara mudah menilai kesehatan usus adalah dengan memperhatikan pola Buang Air Besar (BAB). BAB dikatakan bagus apabila frekuensinya teratur, namun apabila terjadi perubahan frekuensi maka kemungkinan terjadi masalah pada usus.



Di dalam usus terdapat 3 jenis bakteri yaitu bakteri baik, bakteri jahat dan bakteri petualang. Bakteri petualang akan mengikuti sifat bakteri yang jumlahnya lebih banyak. Apabila bakteri jahat tumbuh berlebihan, proses pencernaan makanan dan pembuangan sisa pencernaan makanan akan terhambat dan dihasilkan gas dengan jumlah besar. 

Bakteri baik bermanfaat untuk membantu proses pencernaan sehingga penyerapan nutrisi dan pembuangan zat sisa pencernaan berjalan optimal, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh menjadi optimal.

Pola makan tidak sehat akan menyuburkan bakteri jahat. Bakteri jahat akan memproses lemak dan kalori dari makanan melalui cara yang tidak seharusnya. Tubuh akan menyerap lebih banyak lemak dan kalori yang sudah diproses tersebut sehingga berat badan akan mudah bertambah.

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan usus adalah dengan menerapkan pola makan sehat dengan mengganti cemilan dengan buah segar dan menambahkan porsi sayur di dalam makanan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk menambah asupan serat yang merupakan nutrisi bagi bakteri baik di usus. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan bakteri baik, dapat ditunjang dengan minum Yakult satu botol setiap hari secara rutin dan kontinyu.

Mengonsumsi Yakult secara rutin dan kontinyu minimal satu botol setiap hari dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri penghuni usus. Bakteri baik L. casei Shirota strain yang terdapat di dalam Yakult dapat membantu mencegah terjadinya sembelit karena bakteri baik merangsang gerakan usus menjadi normal. Yakult juga bisa membantu mencegah diare karena bakteri baik yang terdapat di dalam Yakult dapat menetralisir dan mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna dari usus. Efek baik Yakult tidak hanya pada saluran cerna tetapi seluruh tubuh.

Mari kita buat gerakan “CINTAI USUSMU MINUM YAKULT TIAP HARI”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyimpanan Yakult

Sejarah Berdirinya Yakult Indonesia

Kapan waktu yang tepat untuk minum Yakult?